Beranda » Edu-Tech »

Sekolah Cina Gunakan Seragam untuk Lacak Lokasi Siswa

Berbagai sekolah di Cina telah menggunakan metode baru untuk mengawasi keberadaan siswa mereka. Metode ini tentu akan membuat orang peduli dengan privasi sedikit terganggu. Bagaimana tidak, sekolah menggunakan “seragam pintar” yang dilengkapi dengan chip untuk melacak keberadaan siswa mereka.

Teknologi ini dibuat untuk mendorong peningkatan tingkat kehadiran. Global Times, sebuah publikasi yang dikelola pemerintah, melaporkan bahwa sekolah-sekolah di China sekarang mempromosikan penggunaan seragam pintar ini untuk meningkatkan pengawasan mereka terhadap kehadiran dan keberadaan siswa. Sampai saat ini, seragam pintar ini telah diadopsi lebih dari sepuluh sekolah di Provinsi Guizhou, Tiongkok Barat Daya dan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

seragam pintar dari cina

Ketika siswa mengenakan seragam, otoritas sekolah menerima informasi yang akurat tentang masuknya dan keluarnya mereka dari sekolah. Data secara otomatis dikirim ke orang tua dan guru. Seragam ini dilengkapi dua keping chip di setiap bahu dan memiliki ketahanan terhadap suhu hingga 150 derajat Celcius dan 500 kali pencucian.

Seragam ini akan memberi alarm otomatis jika siswa keluar dari sekolah tanpa izin terlebih dahulu. Alarm juga berdering jika siswa menukar seragam mereka. Hal ini dapat dimungkinkan dengan penggunaan teknologi pengenalan wajah di tiap pintu sekolah. Seragam ini dapat digunakan untuk menemukan anak-anak sepulang sekolah juga.

Lin Zongwu, salah seorang kepala sekolah di Cina yang sudah menerapkan teknologi ini mengatakan bahwa tingkat kehadiran sebagian besar siswa meningkat sejak penerapan teknologi ini. Tertarik? Teknologi ini dikembangkan oleh Guizhou Guanyu, perusahaan teknologi asal Cina. Mungkin saja ada investor yang mau membawa teknologi ini ke Indonesia.

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #sensor #skype #Sony #SOPA #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube