Beranda » Soft/Apps »

Populasi Windows 10 Akhirnya Lampaui Windows 7

Lebih dari 3,5 tahun setelah diluncurkan, Windows 10 akhirnya berhasil mengungguli Windows 7 dalam hal popularitas secara keseluruhan. Ini merupakan proses panjang bagi Microsoft untuk sampai ke angka ini.

Windows 10 juga jauh lebih populer daripada Windows 8 dan 8.1. Hal ini terkait dengan awal mula pasar PC yang menurun (trend ke mobile dengan OS Androidnya) dan awal-awal resistensi pengguna untuk beralih ke OS lain.

Data ini berasal dari Net Market Share yang menunjukkan bahwa Windows 10 menyalip Windows 7 pada bulan Desember 2018, dengan pangsa pasar 39.22% untuk Windows 10 dan 36.9% untuk Windows 7. Di awal tahun 2018 lalu, pangsa pasar berada pada 34.29% dan 42.39% untuk Windows 10 dan Windows 7.

windows 10

Data menarik juga diperoleh dari survei perangkat keras (hardware) Steam, platform market game populer untuk PC Windows dan OS lainnya. Steam menunjukkan bahwa Windows 10 memiliki pangsa pasar sebesar 63,79%, disusul dengan Windows 7 64-bit sebesar 26.08%. Sisanya diisi oleh OS Linux dan MacOS.

Populasi pengguna Windows 7 kemungkinan akan terus turun di tahun-tahun mendatang karena OS ini akan segera dihentikan dukungannya oleh Microsoft. Dukungan pembaruan dan tambalan keamanan hanya sekitar satu tahun dari sekarang (14 Januari 2020). Untuk pengguna Bisnis dan perusahaan, akan diberikan opsi untuk membayar Extended Security Updates.

Sumber:

  1. Net MarketShare
  2. Steam Hardware Survey

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #sensor #SERP #skype #Sony #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube