Beranda » Edu-Tech » WebDev »

Pengelolaan Website Sekolah

Di tahun 2022 ini, website masih dibutuhkan oleh sebagian orang. Penetrasi smartphone yang telah berlangsung bertahun-tahun tetap saja tidak menyurutkan minat dari berbagai individu ataupun instansi untuk memiliki website. Penggunaan smartphone cenderung mengarahkan orang untuk mengakses sistem informasi lewat aplikasi yang umumnya dipasang lewat market smartphone, seperti Appstore (iOS) atau Playstore (android). Walau begitu, website tetap saja memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan yang utama adalah, Anda tidak dipusingkan untuk mengembangkan aplikasi di berbagai ekosistem smartphone yang beredar di pasaran. Untuk membangun aplikasi sistem informasi di smartphone, Paling tidak Anda harus mempersiapkan SDM coder Android dan coder iOS. Dengan memiliki website, Anda hanya membutuhkan satu sistem yang dapat diakses di berbagai perangkat, baik itu smarphone atau PC/laptop. Untuk mengaksesnya, Anda hanya membutuhkan peramban (browser), seperti Firefox atau Chrome.

school website

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana pengelolaan website sekolah. Ada banyak sistem yang dapat digunakan untuk membangun website, salah satunya adalah CMS (content management system). Apapun CMS pilihan Anda (WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya). Untuk Anda yang ingin lebih advanced, dapat pula memanfaatkan webframework, seperti Laravel, Rails, ASP.NET, dan sebagainya.

Layaknya sistem informasi, berikut ini adalah halaman utama yang Anda butuhkan untuk menyajikan website sekolah.

  1. Homepage
    Halaman ini merupakan bagian awal yang akan diakses oleh orang lain ketika membuka domain (alamat) suatu website. Di dalamnya tentu saja harus Anda siapkan berbagai konten multimedia yang menarik, data prestasi, cuplikan berita, dan galeri kegiatan yang bersifat positif guna menunjang prestasi sekolah yang hendak ditonjolkan.
  2. Profil
    Profil sekolah berisi sejarah singkat sekolah, identitas sekolah, tahun pendirian, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), luas lahan dan bangunan, kurikulum yang digunakan, status akreditasi, visi dan misi sekolah, tim manajemen, diagram struktur organisasi, dan berbagai data identitas lainnya.
  3. Berita dan publikasi
    Berita berisi berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah. Segmen ini bisa juga menampilkan berbagai pengumuman, seperti informasi KJP dan hari-hari penting. Berita prestasi dan publikasi tulisan guru juga dapat dimasukkan ke dalam segmen ini.
  4. Civitas akademik
    Halaman ini dapat berisi profil guru, karyawan, dan kepala sekolah. Dapat pula disajikan segmen siswa, seperti jumlah murid, prestasi siswa, OSIS, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Masukkan juga kabar alumni dan komite sekolah di segmen ini.
  5. Kontak
    Halaman ini berisi informasi untuk menghubungi pihak sekolah (email, nomor telepon, dan WhatsApp). Masukkan juga peta lokasi untuk mengakses sekolah. Tautan menuju sosial media sekolah juga dapat dimasukkan di segmen ini.

Tags:

Satu tanggapan

  1. […] sebelumnya yang telah diterbitkan dengan judul yang sama. Tulisan tersebut dapat diakses di alamat berikut. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana pengelolaan website sekolah. Website […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #AMD-ryzen #Android #Apple #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #Covid-19 #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #green technology #hacked #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #SERP #skype #Sony #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube