Beranda » Gadget »

Mode Gelap ternyata Dapat Menghemat Baterai Smartphone

Salah satu fitur yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para pengguna iPhone akhirnya tiba pada iOS 13. Fitur itu adalah mode gelap (night mode). Awalnya hal ini dilihat sebagai estetika belaka, di mana beberapa pengguna mungkin lebih suka tampilan gelap di dalam aplikasi mereka. Namun ternyata, penggunaan layar gelap dapat membantu menghemat baterai, terutama pada ponsel dengan layar OLED.

Dalam uji baterai terbaru yang dijalankan oleh PhoneBuff, mereka membuktikan hal tersebut. Mereka juga membuat video hasil pengujian dengan menjalankan dua ponsel iPhone di mode terang dan mode gelap. Berdasarkan tes, tampaknya iPhone dalam mode gelap benar-benar memiliki potensi untuk menghemat baterai.

dark mode menghemat baterai

Misalnya, saat dalam mode gelap, iPhone turun menjadi 88% baterai setelah 2 jam. Untuk mode normal, baterai turun menjadi 83% dalam waktu yang sama. Perbedaan signifikan terlihat setelah durasi 4 jam, di mana mode gelap berada di angka 72% sedangkan dalam mode normal turun menjadi 57%. Setelah 7 jam 33 menit, iPhone dalam mode normal benar-benar habis, sedangkan indikator baterai iPhone dalam mode gelap berada di 30%.

Bisa saja orang mengatakan bahwa tes ini tidak akurat secara ilmiah karena ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Paling tidak, pemanfaatan mode gelap pada ponsel sangat berpotensi menghemat baterai.

Sumber:
Youtube

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #sensor #SERP #skype #Sony #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube