Beranda » People » Sci-Tech » Soft/Apps »

Mengapa Penanggalan dalam Unix dimulai pada 1970-01-01?

Ini sebenarnya adalah pertanyaan yang cukup menarik, karena jawabannya bisa dikatakan sederhana, namun tidak sesederhana itu. Berikut ini penjelasannya.

Ketika Unix dibuat, waktu acak diperlukan agar berfungsi sebagai “awal waktu” dalam inti sistemnya. Dalam istilah Unix, ini disebut sebagai “Unix epoch” dan ia menjadi titik paling awal penentuan di mana file dapat dibuat. Zaman Unix dikirim pada 1 Januari 1970.

Sederhana bukan? Namun, ini bisa sedikit lebih rumit. Yang benar adalah Unix tidak diciptakan pada tahun 1970, karena versi kasar dari inti Unix sudah ada di tahun 1960-an. Tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie mulai membuat prototipe Unix. Tapi, salah satu referensi paling awal untuk Unix terdapat pada Manual Unix Programmer, yaitu tanggal 1 Januari 1971.

ken-dennis

Jadi mengapa tahun 1970 yang dipilih? Menurut Dennis Ritchie (yang merupakan salah satu insinyur utama di belakang tim Unix di Bell Labs), Penetapan tahun 1970 karena lebih kepada faktor kenyamanan. “Saya membayangkan mengatur segala sesuatu ke bentuk paling sederhana – yaitu, 1/1/1970 dibandingkan dengan 1/1/1971, hanya untuk kesederhanaan kode yang dihasilkan”.

Pendapat lain yang cukup menarik adalah Unix mulai dipakai secara luas pada mesin PDP 11. Komputer mini DEC inilah yang dasar platform Unix dan menjadikannya mainstream di masyarakat. Semua mesin PDP 11 mulai menghitung tanggal awalnya pada 1 Januari 1970. Tentunya ini bukan sesuatu yang kebetulan bukan?

Tags:

Bagikan tulisan ini

Tulisan yang berkaitan

Mengapa Microsoft Masih Menyediakan Layanan Bing?Mengapa Microsoft Masih Menyediakan Layanan Bing?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #sensor #SERP #skype #Sony #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube