Beranda » Hardware » How To »

Low Budget Gaming PC Edisi 2019

Anda gamer sejati di platform gawai? Anda ingin melebarkan sayap gaming Anda ke platform PC, namun terkendala dengan terbatasnya budget? Jangan khawatir, tim Indokreasi Network pada awal tahun kali ini menyajikan sajian rakitan low budget gaming PC untuk Anda.

Beberapa komponen wajib yang perlu Anda miliki untuk PC gaming adalah motherboard, case, power supply, prosesor, kartu grafis, RAM, storage, dan monitor. Untuk aspek lain (optical drive dan speaker), Anda dapat mencarinya belakangan karena di sini kita memang ingin menekan pengeluaran uang seirit mungkin.

AMD Ryzen

Berikut ini adalah list pilihan dari kami:

  1. Prosesor
    Ryzen 5 2400G adalah prosesor tepat untuk kategori low budget gaming. Teknologi ini sudah menunjang teknologi 7nm (terbaru dari AMD) yang juga sekelas dengan jajaran AMD seri Ryzen 7. Hebatnya lagi, prosesor ini sudah mengintegrasikan komponen kartu grafis.
  2. Kartu grafis
    Berbicara mengenai onboard graphic card, semua orang pasti meremehkan kemampuan hardware ini. Namun, bagaimana jika si pembuat adalah AMD yang juga dikenal dengan teknologi ATI Radeon-nya. Yap, Radeon Vega 11 adalah kartu grafis terintegrasi yang langsung Anda miliki ketika membeli Ryzen 5 2400G.
  3. Motherboard
    ASROCK A320M-HDV adalah motherboard termurah di kelasnya dengan dukungan slot AM4 yang dapat menunjang teknologi 7nm milik AMD. Dengan motherboard ini, Anda dapat mengupgrade CPU hingga ke seri Ryzen 7 (jika memang ada budget, wkwkwk).
  4. Memori
    Motherboard pilihan kami sudah mengadopsi teknologi DDR4. Ukuran 8GB sudah cukup untuk low budget game. Ambil dua keping 4GB Apacer Panther 2400Mhz yang sudah dilengkapi dengan pendingin pasif (heatsink).
  5. Storage
    Jika budget bukan masalah dan kecepatan adalah hal yang Anda inginkan, harddisk tipe SSD adalah pilihan Anda. Namun, harganya yang mahal tidak termasuk dalam kategori low budget gaming PC kita kali ini. Untuk perangkat ini kita gunakan WDC berukuran 250 Gb saja.
  6. Case
    Apalah artinya tampilan luar, ketimbang isi di dalamnya. Untuk casing kita cari yang termurah saja, tanpa fitur aneh-aneh. Hanya saja, pastikan dia memiliki ruang untuk meletakkan fan tambahan di bagian belakang dan samping. Untuk mainboard mini di atas, Anda dapat menggunakan Armagedon T1G.
  7. Power Supply
    Brand PowerLogic pasti terngiang-ngiang di mata para PC modders enthusiast. Untuk tipe, kita gunakan PSU Alcatroz Powerlogic Magnum Pro 275X.

Okeh, waktunya kita menghitung pengeluaran untuk PC rakitan kita. Murah dan mahal itu memang relatif bagi setiap orang. Jika Anda merasa harga di atas terlalu murah, silakan upgrade spesifikasi tersebut sesuai keperluan.

Jika Anda merasa harga di atas terlalu mahal, Anda dapat mendowngrade pemilihan hardware. Misalnya, Anda dapat men-downgrade Ryzen 5 menjadi Ryzen 3 dan RAM 8GB menjadi 4GB. Jika Anda bersikeras tidak ingin men-downgrade, berarti Anda harus menabung lagi lebih lama 😆 .

  1. Prosesor Ryzen 5 2400G (incl GPU)
    Rp 2.500.000
  2. Motherboard ASROCK A320M-HDV
    Rp 750.000
  3. Memori DDR4 Apacer Panther 2 x 4gb
    Rp 1.000.000
  4. Storage WDC 250 Gb
    Rp 170.000
  5. Case Armagedon T1G
    Rp 270.000
  6. Power supply Alcatroz Powerlogic Magnum Pro 275X
    Rp 270.000

Total kira-kira Rp 5.000.000
(update 2 Januari 2019)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #sensor #skype #Sony #SOPA #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube