Beranda » Health » Sci-Tech »

Ilmuwan Memperkirakan Usia Maksimal Manusia 150 Tahun

Mungkin pernah terbayang di benak Anda, berapa umur maksimal manusia bisa hidup? Sampai saat ini, orang tertua yang pernah hidup dan telah diverifikasi adalah Jeanne Calment, seorang wanita kelahiran Prancis pada tahun 1875 yang hidup hingga usia 122 tahun, 164 hari (meninggal 4 Agustus 1997).

Tetapi apakah manusia mungkin bisa hidup lebih tua daripada itu? Dalam kepercayaan Islam, usia Nabi Adam diperkirakan mencapai 1000 tahun. Hal ini memang tidak bisa diverifikasi mengingat kejadian telah berlangsung ribuan tahun silam. Apalagi informasi dari agama bersifat dogmatis, sehingga bidang keilmuan tidak mengakui klaim tersebut.

usia maksimal manusia

Namun untuk situasi terkini, berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal “Nature”, ada sekelompok peneliti yang mengklaim bahwa batasan maksimal manusia hidup bisa mencapai 150 tahun. Selanjutnya mereka mengatakan bahwa pada rentang usia tersebut, tubuh manusia akan kehilangan kemampuan untuk pulih dari penyakit dan cedera.

Penelitian dilakukan berdasarkan analisis CBC (complete blood count), di mana seiring bertambahnya umur, manusia akah kehilangan ketahanan fisiologis secara progresif. Pada titik usia kritis 120 s.d. 150 tahun, manusia mulai kehilangan ketahanan fisiologis secara sepenuhnya.

Walau begitu, mereka juga percaya bahwa ada terapi tertentu yang dapat membantu memperpanjang ketahanan tubuh. Penasaran dengan penelitian ini? Anda dapat membacanya di jurnal Nature daring di alamat berikut.

Bagikan tulisan ini

Tulisan yang berkaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #AMD-ryzen #Android #Apple #asus #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #Covid-19 #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #green technology #hacked #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #SERP #skype #Sony #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube