Beranda » Security »

Hotel Ubah PC Windows Menjadi Chrome OS Setelah Terkena Ransomware

Serangan Ransomware menjadi sangat umum belakangan ini, daripada malware konvensional yang merusak sistem komputer semata. Jika Anda terkena ransomware, malware ini kemudian mengenkripsi seluruh data dalam drive atau jaringan. Selanjutnya bisa ditebak, untuk mendekripsinya peretas akan meminta tebusan (ransom).

Inilah yang terjadi di Skandinavia, Finlandia, pada jejaring hotel Nordic Choice Hotels, yang merupakan hotel dengan jaringan terbesar di negara tersebut. Baru-baru ini mereka terkena serangan ransomware yang membuat sistem mereka lumpuh. Namun daripada memilih membayar untuk menghapus malware, pihak hotel justru mengubah PC Windows mereka menjadi perangkat Chrome OS.

nordic choice hotels

Ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak CloudReady dari Google. Pada dasarnya apa yang dilakukannya adalah memungkinkan PC Windows lama yang tidak lagi digunakan menjadi perangkat Chrome OS. Inilah yang dilakukan hotel di mana mereka berhasil mengubah sekitar 2.000 laptop Windows menjadi laptop Chrome OS dalam waktu sekitar 48 jam.

Ini dikatakan sebagai solusi yang lebih cepat dibandingkan dengan mencoba membersihkan semua komputer dari virus. Ini karena perubahan dapat dilakukan dari kantor pusat (via cloud), dibandingkan membersihkan setiap komputer yang tersebar di setiap cabang hotel.

Sumber:
9t05Google

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #AMD-ryzen #Android #Apple #asus #Blackberry #browser #Chrome #cloud #Covid-19 #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #green technology #hacked #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #SERP #skype #Sony #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #wearable #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube