Beranda » Hardware » Security »

Bug iOS ini Dapat Menonaktifkan WiFi iPhone Permanen

Saat Anda memindai area dengan ponsel pintar untuk bergabung ke jaringan WiFi, tentunya akan ada banyak nama muncul. Nama-nama ini biasanya ditentukan sendiri oleh si pemilik jaringan. Tak jarang Anda menemukan beberapa nama yang aneh atau lucu, seperti “mental gratisan” atau “modal dong”.

Namun, jika Anda menemukan jaringan WiFi bernama “%p%s%s%s%s%n” (tanpa tanda petik), jangan bergabung, terlebih jika Anda pengguna iPhone. Peneliti keamanan Carl Schou menemukan bug aneh pada iOS yang ternyata tidak dapat menangani pemancar jaringan WiFi dengan nama khusus ini.

wifi bug iphone

Jika Anda bergabung dengan jaringan tersebut, yang terjadi adalah WiFi iPhone Anda akan dinonaktifkan secara permanen (lihat video pada status Twitter Schou). Schou juga mengklaim bahwa mengubah SSID hotspot atau menghidupkan ulang reboot ponselnya tidak juga memberi perbaikan.

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengatur ulang pengaturan jaringan iPhone Anda. Untungnya hal ini cukup mudah dan tidak terlalu fatal jika dibandingkan harus mengatur ulang telepon (factory reset).

Belum ada penyebab jelas mengapa hal ini terjadi, karena ponsel cerdas dengan sistem operasi Android tidak terpengaruh. Beberapa spekulasi yang muncul adalah penggunaan karakter “%” pada SSID tersebut menjadi masalah. Dalam beberapa bahasa pemrograman, karakter “%” digunakan sebagai penentu format string.

Ketika iOS melihatnya, mereka mencoba menguraikannya dan malahan malah berujung pada permasalahan ini. Memang bug ini tidak sampai merusak ponsel. Namun, semoga saja pihal Apple dapat segera memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #AMD-ryzen #Android #Apple #asus #baterai #Blackberry #browser #Chrome #cloud #Covid-19 #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #green technology #hacked #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #SERP #skype #Sony #SSD #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube